Hakikat kehidupan

hakikat-kehidupan-duniaAssalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Ikhwan dan Akhwat yang di muliakan oleh Allah Subhanahu Wata’Ala

Terkadang banyak orang membicarakan hidup, tapi tidak tau apa itu kehidupan ! terkadang pula kehidupan berupa cobaan dan musibah menjadikan sesuatu hal yang tak ingin di bicarakan.

sesungguhnya kawan-kawanku yang di muliakan oleh Allah Subhanahu Wata’Ala, cabaan dan musibah itu merupakan bumbu dari awal kenikmatan yang ada pada kehidupan, orang yang sedang tertimpa cabaan berupa sakit misalkan jika ia memahami bahwa sakit itu berupa cabaan yang di berikan oleh Allah Subhanahu Wata’Ala dan kemudian membuat dia bersyukur dan tabah atas cabaan yang ia alami maka Allah akan memberikan pahala dari setiap kesabaran atas panyakit yang ia rasakan, bahkan sebaliknya jika itu ia artikan kesengsaraan maka apa yang ia sangkakan itu akan menjadi suatu kanyataan.

Maka apa arti kehidupan bagi kita ?

Mungkin jawaban dari setiap individu kita masing-masing  berbeda-beda, dan jawaban itu sesungguhnya merupakan hasil cerminan dan tujuan hidup kita sendiri.

Maka Orang yang meyakini bahwa hidup adalah perjuangan ia akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjuangan yang harus di perjuangkan. Maka dari itu, hari hari dalam hidupnya akan dijalani dengan berjuang. Sedangkan ia yang meyakini bahwa hidup adalah tantangan, akan melihat bahwa hidup yang dijalaninya adalah tantangan yang harus di pecahkan. Dia akan menjalani kehidupannya dengan “memecahkan tantangan”. Kemudian ia meyakini bahwa hidup adalah perjalanan akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang harus dicapai tujuannya. Maka dari itu dia akan menjalani kehidupannya dengan “berjalan” diatasnya.

Ikhwan dan Akhwat yang di muliakan oleh Allah Subhanahu Wata’Ala

Cara kita meyakini kehidupan merupakan pola pikir kita sendiri. Dan Pola pikir kita akan mempengaruhi tindakan kita, dan tindakan akan menghasilkan nasib. Sekarang, bagaimana kita sebagai orang beriman seharusnya memandang kehidupan?

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala berfirman ( Q.S. Al – Hadid ( 57 ) Ayat 20 ) :

Ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu”

Bahkan Al imam Al hafidz ibnu Qoyyim Al jauziah Belian memprumpamakan hidup seperti orang yang sedang di kejar oleh macan, pastiah ia akan lari dan mencari pohon yang hendak ia naiki agar selamat dari kejaran macan itu, kemudian pada saat orang itu sudah mendapatkan pohonnya dan ia panjat pohon tersebut maka ketika ia lihat kebawah ada macan yang siap menuggu kita turun atau jatuh pastilah ia akan di terkam olehnya, kemudian ia melihat kesamping macan tersebut ada lubang yang sangat dalam maka jika orang itu jatuh ke lubang tersebut pastilah ia akan mati , kemuan yang terakhir ia melihat ke bawah pohon yang ia naiki terdapat tikus berwarna hitan dan putih yang menggerogoti akar pohon tersebut..

Singkat permisalan Macan itu adalah ajal kita kapan saja ia akan menghampiri kita , kemudian lubang yang dalam itu ialah liang lahat kita yang siap menampung kita pada saat ajal sudah menjemput , dan yang terakhir yaitu tikus hitam dan putih itu adalah siang dan malam yang menggrogoti waktu kita.

Maka ada seorang ulama bertanya kepada para muridnya “ Wahai muridku apakah yang paling jauh dari mu ??

Kemudian para muridnya menjawab dan jawaban para muridnya berbeda-beda ,!! Ada yang menjawab rumahku, ada yang menjawab orang tuaku dll.

Maka gurunya menjawab : “ yang jauh darimu ialah masalalumu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s